label

Senin, 11 Februari 2008

Be my valentine


Dua hari lagi sebagian orang memperingati hari valentine, hari kasih sayang yang lebih banyak dimaknai dengan pesta, promt nite, bunga rose, coklat berbentuk hati, teddy bear, pink, dll. Padahal kalau kita mau melihat kembali sejarahnya valentine day, bermula dari kisah St. Valentine yang dihukum pancung oleh penguasa Roma karena memasukan sebuah keluarga Romawi kedalam agama Kristen.
Versi lain adalah dari kisah seorang pendeta Khatolik yang bernama Santo Valentino yang menikahkan seorang prajurit. Ternyata tindakan Santo Valentino merupakan bentuk pelanggaran dan membuat berang Caesar Claudius II. Karena pemerintahan Caesar Caludius II melarang prajuritnya menikah dengan tujuan menciptakan prajurit yang tangguh. Santo Valentino pun di hukum mati.
Sejarahnya cukup heroik dan ada pengorbanan. Kok ya bisa-bisanya dirayakan dengan sekuntum mawar merah.
Hari valentine yang diperingati tepat di hari kematian Santo Valentino, nampaknya masih menjadi hari yang kontroversi untuk dirayakan, tapi bukankan ini hal yang biasa aja. Seperti juga halnya ada sebagian orang ada yang menandai hari lahirnya dengan syukuran, pesta kecil, pesta besar atau banyak juga yang membiarkan hari itu berlalu seperti hari lainnya, seperti juga dengan perayaan pergantian tahun baru.
Saya mungkin tidak pernah merayakan hari valentine secara khusus, namun hari ini ada yang terlintas dalam pikiran saya. Hari valentine terlanjur membudaya nampaknya yang harus kita lakukan bukan lagi diskusi boleh tidaknya perayaan itu dilakukan tapi bagaimana anak-anak, saudara teman2 kita memaknai hari itu bukan sekedar menyampaikan rasa cinta pada kekasih dengan memberi bunga atau bingkisan. Tapi lebih ke menandai bagaimana Kasih itu nyata dalam kehidupan kita.

"I Love U" kalimat ini sering kita dengar bahkan mungkin sering kita ucapkan untuk kekasih,suami,istri,anak,orang tua,saudara, bahkan teman kerja sekalipun,begitu mudah pernyataan cinta keluar dari mulut kita. Dengan tujuan yang berbeda.

Sejak kecil ibu saya almarhum sering mengatakan pada anak-anaknya, " I love U ".
Saat kakak saya sekolah dan harus jauh dari keluarga ditiap akhir suratnya dia selalu menulis kata "with Love ". Begitupun saat saya mulai mengenal pacaran, kekasih saya mengatakan "I Love U". Love milik ibu, kakak,kekasih pasti bermakna beda.

"Cinta" "Kasih" atau yang dalam bahasa Inggris "Love", mungkin dapat memiliki banyak arti, tapi apa sebenarnya "Kasih" itu. KAsih bukan sekedar kata-kata dan perasaan, Kasih itu melampaui pikiran, Kasih adalah perbuatan nyata. Bahkan Kasih yang sebenarnya tidak memperhitungkan perasaan kita. "Apa yang ingin orang lakukan untuk kita, lakukan itu untuk mereka" tanpa peduli perasaan kita, bahkan untuk musuh kita sekalipun.

Bunda Theressa yang sudah meninggal namun cinta nya tetap dikenang, seperti dalam bait puisinya dia bertutur, jika upaya yang kau lakukan dihancurkan orang tetaplah membangun dengan kasih, bahkan Jika seluruh dunia membencimu tetaplah mengasihi.
Korintus 13 menguraikan makna kasih yang sebenarnya,

KASIH ITU SABAR. KASIH ITU MURAH HATI. KASIH ITU TIDAK CEMBURU.
KASIH TIDAK MEMEGAHKAN DIRI. KASIH TIDAK SOMBONG.
KASIH TIDAK MELAKUKAN YANG TIDAK SOPAN. KASIH TIDAK MENCARI KEUNTUNGAN DIRI SENDIRI.
KASIH TIDAK PEMARAH. KASIH TIDAK MENYIMPAN KESALAHAN ORANG LAIN.
KASIH TIDAK BERSUKACITA KARENA KETIDAKADILAN. KASIH MENUTUPI SEGALA SESUATU.
KASIH PERCAYA SEGALA SESUATU. KASIH MENGHARAPKAN SEGALA SESUATU.
KASIH SABAR MENANGGUNG SEGALA SESUATU.
KASIH TIDAK BERKESUDAHAN.

Jika kita sudah sampai pada tahap dimana Kasih, Cinta adalah bagian terpenting dalam hidup, maka ga ada deh yang namanya mau menang sendiri, yang ada selalu ada waktu dan ruang untuk berbagi. Sekarang kan lagi banyak kesulitan di tanah air, seandainya semua biaya untuk pesta dikumpulin untuk membantu saudara kita yang membutuhkan,nampaknya perayaan valentine lebih bermakna deh.
Kasih yang Tuhan ajarkan pada saya, Kasih yang ibu berikan pada saya , mengajarkan saya untuk memahami bahwa segala yang saya lakukan jika tanpa kasih sedikitpun tidak ada manfaatnya.

Buat semua yang sedang merayakan valentine, ada banyak tuh diluar sana yang membutuhkan kasih dari kita, bukankah kita sedang ingin berbagi kasih? Be our valentine....

1 komentar:

lizahamid mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.